Pengertian-pengertian dan Istilah Pada Perangkat Komputer

SPEAKER

Coaxial 
adalah salah satu bentuk kabel yang digunakan sebagai interkoneksi antara peralatan elektronik dan mengirimkan data audio atau video. Kabel jenis ini, memiliki karakteristik penggunaan satu buah pin di tengah sebagai pengirim data, dan dikelilingi pelindung logam yang berperan sebagai ground. selain mengirimkan data analog, coaxial juga dapat mengirimkan data digital.

Decoder 
adalah dapat berupa software atau hardware yang digunakan untuk mengubah data audio maupun video, dari bentuk format digitak menjadi bentuk aslinya.

Dolby Digital 
salah satu teknologi untuk menghasilkan suara surround digital. Biasanya, teknologi ini digunakan dalam pemrosessan dan pembentukan data audio untuk film-film di bioskop atau film-film pada media kepingan seperti DVD. Untuk mengoptimalkan teknologi Dolby Digital yang dikembangkan oleh Dolby Laboratories ini, dibutuhkan minimal 5 speaker dan 1 subwoofer.

Driver atau Tranducer 
adalah nama lain dari speaker itu sendiri, dimana tidak termasuk boks maupun komponen elektronik lainnya seperti amplifier. Ukuran tiap driver biasanya ditentukan dari diameter membran speaker dengan satuan inci.

Equalizer
Alat untuk memperbaiki kualitas frekuensi yang diterima suatu rangkaian transmisi. Alat ini biasanya dirangkaikan bersama alat transmisi lain.



DESKTOP PC

Keyboard
Periferal untuk input data di komputer dengan konfigurasi tombol QWERTY. Selain dari konfigurasi QWERTY, sebuah keyboard komputer juga dilengkapi standar tombol-tombol lainnya untuk dapat menggunakan semua fitur yang dimiliki oleh sebuah komputer. Dan biasanya dioperasikan secara kombinasi.

Monitor
Alat output komputer yang berupa display untuk dapat menunjukkan secara langsung ketika pemrosessan oleh komputer sedang terjadi.

Mouse
Alat input data di komputer untuk dapat menggerakkan kursor di monitor display, agar dapat memilih langsung aplikasi-aplikasi yang akan dijalankan. Mouse lebih untuk komputer ber-os GUI.



MOTHERBOARD

Chipset
Chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip didalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor anda.

FSB (Front Side Bus)
Pada microprocessor, GSB menghubungkan processor dengan memory utama. dan juga digunakan untuk mengkomunikasikan antara processor dengan komponen lainnya yang ada di motherboard.

HSF (Heat Sink Fan)
Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari alumunium. Pemakaian fan sebagai penyerap suhu ini akan meningkatkan peforma kerja komputer.

IDE (Integrated Drive Electronics)
Sebuah tipe hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan harddisk, CD-ROM, dan drive tape pada sebuah PC. IDE sangat populer dan banyak digunakan karena menyediakan cara yang terhitung eknomis untuk menghubungan komponen-komponen hardware.

IDE Controller
Salah satu fungsi yang dimiliki chipset pada motherboard untuk mengatur komunikasi data pada harddisk, CD-ROM dan sebagainya, serta me-manage-nya.


LGA 775
Memiliki kepanjangan Land Grid Array, adalah jenis socket yang digunakan CPU khususnya intel dimana kini pin berada di socket, bukannya di processor lagi. Sedang angka 775 menunjukkan banyaknya kaki-kaki pin processor.

Micro ATX
Salah satu istilah yang digunakan untuk jenis dimensi yang diakomodasikan oleh motherboard, atau juga casing untuk menempatkan motherboard tersebut.

Northbridge
Salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan processor ke memory systm dan bus AGP dan PCI. Chip lainnya adalah southbridge.


PROCESSOR

ALU (Arithmetic and Logic Unit) 
adalah bagian dari processor yang bertugas melakukan perhitungan terhadap data.

Assembly
Bahasa yang dikenali oleh setiap microprocessor, walaupun setiap CPU memiliki bahasa assembly tertentu yang tidak spesifik

CPU
Central Processing Unit, juga dikenal sebagai processor atau microprocessor yang merupakan otak utama dari sebuah komputer. Komponen ini bertanggung jawab dalam hal mengeksekusi intruksi-intruksi komputer, dan merupakan salah satu elemen paling penting didalam komputer.

Dual Core
Sebuah processor dual core adalah CPU yang dibangun/dibentuk dari dua processor indenpen yang digabungkan di dalam satu integrated circuit, atau didalam satu chip silikon.

MIPS

Merupakan singkatan dari milliones of instruction per second, yakni istilah yang digunakan sebagai indikasi dasar dari kinerja CPU.



TV TUNNER


Analog
Adalah salah satu bentuk penyaluran sinyal-sinyal frekuensi tertentu. Bisa dalam bentuk listrik, gelombang, dan lain sebagainya. Sinyal analog tidak memiliki perbedaan yang jelas antara nilai variabel satu dengan variabel lainnya (Continuous), atau perubahan ke dalam variabel sinyal yang satu ke yang lainnya berlanjur secara berkala. Hal ini berbeda dengan sinyal digital yang lebih jelas/diskrit.

Composite
Sejenis interkoneksi kabel di dunia audio video untuk beragam peralatan elektronik, seprti DVD player, VCR, Camcorder, dan lainnya. Umumnya, ia berukuran 3,5 Inchi.

Scanning
Proses yang menggunakan alat input elektronik tertentu untuk mengubah informasi analog dari gelombang broadcast yang didapat, agar bisa dikenali oleh komputer.


STORAGE DEVICES

CF
CompactFlash diperkenalkan pada tahun 1994, sebagai penerus PCMCIA/PC Card. Kebanyakan digunakan pada kamera digital. Type (CF-1) memiliki dimensi 43 x 36 x 3,3 mm. Type II 43 x36 x 5,5 mm. Kapasitas mulai dari 64 Mb hingga 12 Gb.
M2 
Kependekan untuk Memory Stick Micro 2 M2. Ukuran form factor terkecil untuk MS, hanya 1/4 dari MS Pro Duo. Mulai diumumkan pada september 2005, namun baru dipasarkan tahun 2006. Dimensi 15 x 12,5 x 1,2 mm.

MicroSD
microSD Card merupakan form terkecil dari SD Card. Dikenal juga dengan sebutan TransFlash, atau T-Flash. Diperkenalkan tahun 2004. Dimensi 11 x 15 x 1 mm dengan berat 0,4 gram. Kapasitas 16 Mb - 1 Gb.
miniSD
MiniSD Card memiliki ukuran kurang lebih 60% dari SD Card. Mulai di perkenalkan pada tahun 2003. Writing protection switch tidak tersedia pada form ini. Dimensi 21,5 x 20 x 1,4 mm, dengan berat 1 gram. Kapasitas 16 Mb hingga 2 Gb.

MS
Memory stick card diperkenalkan kali pertama pada tahu 198 oleh Sony Corporation, untuk dipergunakan pada perangkat-perangkat Sony, khususnya kamera digital. Namun, terbatas untuk kapasitas 128 Mb. Baru pada tahun 2003, diperkenalkan Memory Stick Pro, kapasitasnya dan kemampuannya berkembang. Diproduksui selain Sony oleh SanDisk dan Lexar.

MS Pro Duo
Memory stick Pro Duo adalah form factor kedua untuk MS. Dengan bantuk yang lebih kecil, digunakan juga pada mobile phone dan PSP diperkenalkan tahun 2003.

SD
Secure Digital Card diperkenalkan tahun 2011 oleh SanDisk Corporation, Matsushita (Panasonic) da Toshiba. SD dikembangkan dari MMC


2 comments:

Obat herbal untuk penyakit infeksi saluran kemih mengatakan...

terimakasih banyak ilmunya, semoga bertambah sukses

Hairul mengatakan...

Amin

Posting Komentar

RULES :
[-] Tinggalkan Komentar Yang Positif, Kritik, dan Tidak Menjatuhkan!
[-] Berkomentarlah sesuai dengan topik yang dibicarakan!
[-] No SARA, kata - kata tidak sopan, berbau pornografi dsb!
[-] Terima kasih telah mengunjungi Blog Artikel Komputer.