Awas, NeoApp Incar Facebook Anda


Sudah menjadi rahasia umum, aplikasi Facebook saat ini marak digunakan sebagai alat pemasaran yang sah.
Banyak bisnis yang kini dimotori oleh pemasaran via media sosial seperti Facebook.
Ironisnya, aplikasi semacam Facebook justru disalah gunakan. Penemuan terbaru vendor keamanan Symantec, Facebook juga digunakan sebagai pembuat scam survei untuk mendapatkan akses ke informasi pribadi pengguna.
Baru-baru ini Symantec mendeteksi sebuah toolkit aplikasi virus terkenal di Facebook yang dinamakan NeoApp. Jika pengguna menginstal aplikasi Facebook ini dan memberikan izin akses, informasi pengguna akan muncul di panel administrasi NeoApp. 
Dari sana, pelaku akan dapat mengirimkan pesan secara acak kepada pengguna serta teman-teman mereka, baik melalui antrian posting otomatis, halaman statistik, dan template yang mudah digunakan.
NeoApp dijual seharga US$50, namun demikian pengguna juga dapat menemukannya dengan harga lebih murah di tempat-tempat tertentu. Ini tentu saja membuka peluang bagi siapapun, bahkan yang tidak memiliki keterampilan coding sekalipun untuk menciptakan sebuah virus Facebook.
Toolkit tersebut akan menjelaskan tempat untuk meletakkan link ke video lucu dan tempat untuk meletakkan link survei dengan tujuan memaksimalkan keuntungan yang diperoleh.
Meskipun Facebook juga memiliki tim pemburu khusus untuk melacak aplikasi-aplikasi berbahaya semacam ini, namun Symantec menyarankan pengguna untuk tetap berhati-hati terhadap aplikasi-aplikasi yang mencurigakan seperti meminta akses ke informasi pribadi Anda. Pengguna pun “wajib” berpikir dua kali, apakah mereka benar-benar membutuhkan akses tersebut atau menyadari bahwa yang mereka temukan adalah scam.
Namun demikian, Symantec memberikan jurus amannya. Andaikata Anda kepalang menjadi korban scam tersebut, silakan masuk ke setting Privacy Akun dan segera hapus aplikasi tersebut dari profil Anda. 

Sumber : infokomputer

0 comments:

Posting Komentar

RULES :
[-] Tinggalkan Komentar Yang Positif, Kritik, dan Tidak Menjatuhkan!
[-] Berkomentarlah sesuai dengan topik yang dibicarakan!
[-] No SARA, kata - kata tidak sopan, berbau pornografi dsb!
[-] Terima kasih telah mengunjungi Blog Artikel Komputer.